Complaint
Letter
Kamis
1 Desember 2016
Complaint Letters merupakan
suatu keadaan yang tidak dapat diterima Penulis surat, yang membutuhkan lebih
banyak waktu daripada membuat panggilan telepon. Orang yang mendapatkan surat
keluhan ini, mereka benar-benar membaca surat-surat keluhan tersebut. Surat
keluhan sering digunakan, untuk keperluan bisnis, organisasi, instansi
pemerintah, sekolah dan departemen berita.
Complaint Letter yang efektif harus memenuhi beberapa kriteria dibawah ini :
1. Singkat
2. Authoritatif
3. Faktual
4. Konstruktif
5. Ramah
Manfaat utama surat keluhan adalah
menjelaskan masalah Anda, surat pengaduan menggambarkan masalah dan memberitahu
pihak penerima untuk bertanggung jawab. Dalam penulisan usahakan dengan kata-kata
yang singkat dan tepat, deskripsikan fakta tanpa amarah, selanjutnya
membertahukan jalan keluar kepada pihak penerima. Menawarkan solusi masalah
yang dihadapi. Membuat yang masuk akal, seperti meminta untuk pengembalian dana
atau kredit.
Sedangkan pihak yang dikomplain
harus menjawab surat keluhan dengan surat jawaban keluhan/surat respon.
Beberapa surat keluhan dari pelanggan dibenarkan, dan beberapa bisa saja
keterlaluan. Tanpa melakukan penyelidikan penuh, perusahaan yang dikomplain
tidak dapat mengetahui apakah keluhan sah atau tidak. Oleh karena itu, setiap
keluhan harus diteliti dengan seksama sebelum mencapai suatu kesimpulan tentang
situasi. Proses ini mungkin memakan waktu, maka mengirimkan surat kepada
pelanggan yang marah adalah cara yang ideal untuk menginformasikan kepadanya
bahwa pihak perusahaan telah menerima keluhan dan sedang menyelidiki situasi.
Complaint Letters
PT
Rudal Service
Electronic
And Service
Jl.
Jenderal Soedirman No.28 Bandung ,Jawa Barat
Tel (022)
4231280
Email:
Rudal@yahoo.co.id
Ref : JX/js
24 July 2016
PT Sabar Subur
Jl. Kemuning No.40 Tasikmalaya, Jawa Barat
Dear Sirs,
Subject : OUR
ORDER NUMBER 8899
We ordered 20 units Laptop on 24 July
and they were delivered on 27 July. I regret that 8 of them have problem with
LCD .
The package containing these goods
appeared to be in perfect condition and I accepted and signed for it without
question. It was on unpacking the LCD laptop the damage was discovered. I can
only assume that laptop was due to careless handling at same stage prior to
packing.
I am enclosing a list of the damaged
goods and shall be glad if you will replace them. They have been kept aside in
case you need them to support a claim your supplier for compensation.
Yours faithfully,
Marie Jan
Sales Manager
Reply Letters
PT
Sabar Subur
Jl.
Kemuning No.40 Tasikmalaya
Tel (0265)
330503
Email:
SabarSubur@yahoo.co.id
Your ref : JX/js
Our ref : SC/st
29 July 2016
PT Rudal Service
Electronic And Service
Jl. Jenderal Soedirman No.28 Bandung, Jawa Barat
Tel (022)4231280
Email: Rudal@yahoo.co.id
Dear Miss. Marie Jan
Subject : YOUR
ORDERED NUMBER 8899
I was sorry to learn from your
letter or 24July that some of the LCD laptop supplied to this order were
damaged when they reached you.
Replacements for the LCD laptop
damaged goods have been sent by package post tomorrow morning .It will not be
necessary for you to return the damaged goods, they maybe destroyed.
Despite the care we take in packing
goods there have recently been several reports of damage. To avoid further
inconvenience and annoyance to costumers, as well as expense to ourselves, we
are now seeking the advice of a packing consultant in the hope of improving our
methods of handling. We apologize once again for this, and hope the steps we
use taking will ensure the safe arrival of all yours orders in future.
Your sincerely,
Winda
Marketing manager
Daftar Pustaka
http://kunyosharangae.blogspot.co.id/2011/12/tugas-revisi-bahasa-inggris-bisnis-1.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar